Sabtu, 12 Mei 2012

Naskah drama : PENGORBANAN IBU

sebenernya ini cerita dari sobat gue ---> pujiatmo namanya. Tapi gue yang nulis alurnya :D



Adegan 1
            Suasana ramai kelas ketika jam istirahat memang sudah terbiasa terdengar dari segala penjuru dunia, karena dimana itu adalah waktu yang sangat menyenangkan dibandingkan waktu-waktu yang biasa hadir dalam kegiatan ketika bersekolah. Mengapa begitu ? karena mungkin saat itu tidak semua orang mengerti apa artinya waktu.  Namun ternyata tidak semua orang tidak menghargai waktu. Sebagai bukti, di SMA Da’i Annur  tepatnya kelas 11-Ips  telah terdapati seorang lelaki  yang tengah membaca buku serta mengajarkan isinya pada seorang gadis disampingnya. Ia adalah Jamal beserta Dwi.
Jamal : Bagaimana ? udah ngerti belum ?
Dwi : iyya udah.
            (dicky dan pujiatmo datang membawa keramaian)
Dicky : hei mal !
Jamal : hai !
            (dicky dan pujiatmo duduk sembari mengobrol)
            Suasana kembali seperti biasa.
            (Ibu Batul datang dan telihat mencari-cari seseorang)
Namun tiba-tiba...
Rizky : woy..woy..woy... Mak Picek Mak Picek. (sambil menunjuk kearah ibu batul)
Azzar : hahahaha , picek woy jangan masuk-masuk !! ahahaha (menghina)
(Jamal melirik kearah yang Rizky tunjuk)
Dicky, Pujiatmo, Rizky, Agung, dan Azzar: (tertawa terbahak-bahak)
Dicky : hahahaha, Ibu picek mau nengokin anaknya ya ? duh duh duh, Jamal Jamal itu Ibu lo ladenin .
Agung : hahahahahha, picek sini masuk aja gak usah malu-malu
Pujiatmo : cieee Jamal, Ibunya cantik banget huahahahahhaaha
Azzar : demen lo ya ji ? jangan ji... hahaha
Dicky dan Pujiatmo : (menghampiri Jamal dan mengejeknya)
Jamal : (membentak) ITU BUKAN IBU GUE ! (berlalu dari kelas menemui Ibu batul)
**
Jamal : Kenapa Lo ada disini ? gue ka udah bilang berkali-kali ! jangan pernah nemuin gue pas gue ada disekolah. Gue juga kan udah bilang  kalo gue disekolah,gue sama lo itu beda kasta ! (mendorong Ibu Batul namun ditangkis Ecky yang kebetulan hadir melihat adegan mereka)
Ecky : asagfirullah , Jamal ! keterlaluan sekali !
Jamal : gak usah ikut campur lo pembantu . mendingan lo bantuin aja dia tuh dagangan !
(Jamal Berlalu)
Adegan 2
            Kantin di SMA Da’i Annur lebih terlihat sepi dari biasanya. Namun seketika suasana menjadi ricuh kembali saat kedatangan Dewi, Ayu, Mutia, beserta Irma selaku siswi di SMA Da’i Annur.
(suasana transaksi jual beli)
Dewi : Bu, aku boleh tanya gak ?
Ecky : kamu ini, mau belanja atau mau wawancara ? hehehe
Dewi : hehe, dua-duanya Bu..
Ibu Batul : memangnya mau tanya apa nak ?
Dewi : Yu, tanya ya ?
Ayu : terserahh..
Dewi : mmm jaadi gini Bu, tadi kita berdua ngeliat Ibu sama Jamal, Ibu itu Ibunya Jamal ya ??
Ibu Batul : iya emangnya kenapa ?
Ayu : iya tuh bu gak percaya, padahal aku kan sodara Ibu ya gak bu ?
Ibu Batul : ( J )
Dewi : tapi kok gak ngaku ?
Ibu Batul : ahh itu Cuma bercanda
Dewi : Oh gitu yaa
Mutia : Ya udah Ibu yang sabar aja ya bu, hehehehehe
Irma : iya bu, lagian gitu-gitu juga anak Ibu. Jangan dikutuk ya bu..
(Semua tertawa)
Adegan 3
(Ibu Batul memasuki rumah)
Dirumah sederhana itu terjadi gemuruh seru antara Ibu dan seorang anak .
Ibu Batul : Assalamualaikum ... , Jamal kau sudah pulang nak ? (mendekati Jamal )
Jamal : pertanyaan konyol !
(Ibu Batul duduk disampig Jamal)
Ibu Batul : bagaimana tadi sekolah nak ?
Jamal : (menggertak) Gue cape ngedengerin pertanyaan yang berulang ulang, diulang terus !
Ibu Batul : terus sekarang kamu mau gimana nak ?
Jamal : Gue cape ngejelasinnya ! Tapi yang Gue pengen, Ibu jangan pernah deket-deket Gue pas Gue ada disekolah . Pura-pura kita gak kenal aja deh. Ibu tau kenapa ? Gue itu malu Bu punya Ibu kaya Ibu yang keliatannya Hina banget, yang matanya cacat, yang penampilannya cupu ! gue gak mau punya Ibu kaya Ibu ! (sembari berlalu)
Ibu Batul : Baiklah nak jika itu yang kau inginkan .
Adegan 4
            10 tahun kemudian
            Detik berganti menit, menit berganti jam, jam berganti hari, begitulah dunia berputar. Seperti kini, Ibu Batul tengah berada di pusat kota Bandung bersama seorang gadis bersamanya yang bernama Bella, atau lebih tepatnya adalah anak kandungnya. Mereka berdua tengah mencari sebuah alamat yang tertera di dalam kertas yang Ibu batul genggam.
Ibu Batul : sepertinya ini rumahnya, coba kamu ketuk..
(Bella mengetuk pintu)
Bella : assalamualaikum,,...
            Beberapa detik kemudian,...
Fathir : walaikumsalam ada apa ya ? maaf gak ada uang receh !
Bella : maaf kami kemari tidak ingin uang. Tapi ingin bertanya, apakah ini benar rumah Jamall?
Adel : iya bener. Siapa sih kalian ?! gembel !
Fathir : (berteriak) mamiiiiihhh...mamiiihhhh...
(Dwi datang menghampiri Fathir dan Adel)
Dwi : ada apa sihhh brisik-brisik, gak tau mami lagi nyantai ya,..
Fathir : aduh mamihku sayang, ituloh ada dua gembel minta sumbangan !
Bella: Kami bukan gembel ! dan bukan minta sumbangan ! Aku ini adik kandungnya bang Jamal dan ini Ibu bang jamal.
Adel : hah ? masa ibunya papih jelek begitu ya mih ?!  matanya cacat lagi ! haduh duhhhhhhhh...,
Fathir : iye ya, ngaku-ngaku loh !! orang omah udah meninggal ya mih ya ?
Dwi : iya ya..
Bella : kalian itu,,,
Ibu Batul : sudahlah, lebih baik kita pergi , mungkin kita salah rumah lagi.
            Selang beberapa waktu kemudian...
Jamal : (mengetuk pintu) Mamiihh, anak-anakku.. papih pulang..
(Dwi membukakan pintu )
            (Jamal memasuki ruangan dimana kedua anaknya sedang bermain Play Station)
Adel : ehh papiihh,
Fathir : pih..pih.. dibeliin engga ?
(Adel dan Fathir mendekati Jamal)
Jamal : iya iya, papihh udah beliin kok,
Fathir : asiiikkk
Adel : Akunya pih ?
Jamal : ada kok..
Adel : Asiiikkk
(Dwi datang membawa minuman)
Dwi : nih pih minum dulu,
Jamal : makasiih ya mih
Dwi : yaaa J ! ohya pih ini ada undangan ! (menyodorkan undangan)
Jamal : apa ini ??? (membuka undangan) , ohh reunian SMA mih..
Adel  : pih pih, sebenernya omah itu udah meninggal belum sih ?
Fathir : iya pih,
Jamal : udah, emang kenapa ?
Dwi : ini loh pih , tadi ada ibu-ibu sama anaknya , nyarii papih, tau gak pih ? itu tuh mirip sama ibu-ibu kantin waktu SMA itu loh..
Fathir : dan tau gak pih, orangnya jeleeeeeekkk bangetb ! udah yang satu cacat lagi matanya
Jamal : (bingung)
Adel : tapi udah meninggalkan omah tuh ?
Jamal : iya udah kok, udahlah gak usah dipikirin itu cuman orang-orang ngaku-ngaku ajah ! maklum..
Dwi : ya udah mandih gih pih..
Jamal : siapin anduk dong mihhh...
Adegan 5
            Hari ini SMA Da’i Annur terlihat sangat ramai karena adanyanya reunian akbar alumnus-alumnus dari SMA itu.  Terutama di kelas 11 IPS yang dimana menjadi pusat keramaian di segala keramaian.
            (Jamal datang bersama Dwi)
Jamal : woy dik..
(Dicky menoleh dan menghampiri Jamal)
Dicky : haiii mal, apa kabar lo ??! wah nikah lo ya sama Dwi.. hahaha
Jamal : Baik dong,, hahaha iya. Mana istri lo ?
Dicky : itu (menunjuk kearah wanita)
Jamal : lo sama muti ? gila lo , bukannya dia sama Puji ya ?
Dicky : putus kaliii...
Jamal : ohhahahaha
(Puji, Rizky dan Irma datang menghampiri)
Rizky : woy !!! hahahaa, Apa kabar lo pada ?
Dicky : baik-baik...
Jamal : gue juga baik, cie... kapan lo nikah ama Irma ki ?
Rizky : do’ain ajah..
Dicky : hahahahaha, Lo gimana nasib ji ?
Puji : orang gantengnya akhir-akhiran hahahahhaha.
Dwi : Pihh, Mamihh ke Ayu sama Dewi dulu yaa..
Puji : cie mamih papihh, suit suit hahahahah
Dicky : (mengganti topik) ohya Ibu picek lo gimana ? tambah picek apa...
Jamal : udahlah gak usah dibahas, berkali-kali gue bilang. Itu bukan Ibu Gue .
Puji : Durhaka Lo...
(Agung datang bersama Ecky membuat semakin ramai )
Dicky : cie suit...suit, Agung doyan sama Assistennya picek hahahhahahahahha
Adegan 6
            Setelah Acara Reunian selesai, Jamal bergegas pergi menuju rumah sederhanayang dulu ia tempati, yakni dirumah Ibu Batul.
            Sesampainya disana...
            Tok..Tok...Tok
Bella : sebentarrrr...
Jamal : assalamualikum..
Bella : walaikumsalam siapa y (membuka pintu lalu menutupnya kembali)
Jamal : woy..woyy..woyy..
Bella : ga ada sumbangan disini !
Jamal : woyyy,,,
Bella : ada apa lagi sih ?
Jamal : tangan gue kejepit.
Bella : ohh (membuka lalu menutup kembali)
Jamal : Bell, bukain pintu! Abang mau ketemu Ibu..
Bella : ketemu ? sejak kapan punya pikiran kaya gitu ?!
(Ayu menghampiri Bella)
Ayu : ada aa sih Bel ?
Bella : gak tau Mbakyu palingan minta sumbangan !
Jamal : gue gak minta sumbangan Bella ! Gue banyak duit ! Gue cuman pengen ketemu Ibu !
Ayu : Jamaalll ! (membuka pintu)
Jamal : mana Ibu ?!
Ayu : tunggu sebentar, ada maksud apa kamu kesini mal ?
Jamal : itu loh yu, Gue pengen ketemu Ibu
Ayu : tumben ngaku
Jamal : ya gue kan udah gede ! Lo juga bel, kenapa pake ada adegan gak mau buka pintu ?
Bella : gue kira mau minta sumbangan !
Jamal : ngarang lo ! gue kesini ajah pake mobil keluaran terbaru , masa dibilang minta sumbangan hahahhaha
Bella : terserah lo deh...
Ayu : tunggu sebentar yaaa..
Jamal : mau kemana ?
(Ayu Berlalu)
Jamal : eh lo apa kabar bel ?
Bella : baik.
Jamal : sekolah dimana lo ?
Bella : Indonesia
Jamal : ga asik banget jawaban lo .
(Ayu datang...)
Ayu : Jamal... , Apa kamu kesini bena-benar mencari Ibu ?
Jamal : ya iya lah...!
Ayu : kamu salah alamat .
Jamal : maksudnya ?
Bella : ya, alamat Ibu sekarang di TPU nomer 06 .
Jamal : TPU ?
Bella : iya, Tempat Pemakaman Umum
Jamal : bercanda lo gak lucu Bel, gue yakin kalian semua cuman pengen supaya gue gak ketemu sama Ibu kan ? Parah lo pada !
Ayu : serius Jamal, Ibumu udah gak ada sejak 1 minggu yanglalu
Jamal : gue masih gak percaya, Bu... Bu... ini jamalll (Berteriak)
Ayu : percuma, Ini (menyodorkan kertas) Ini adalah titipan terakhir dari Ibumu.
Jamal : Apa ini ?
Ayu : baca saja .








Kamis, 26 april 2012
Teruntuk Anak ku Jamal J
            Apa kabar anak ku ? semoga kau baik-baik saja ya J seperti biasanya.
            Ohya Anakku, sebelumnya Ibu ingin meminta maaf pada mu jika Aku wanita yang katamu ‘HINA’ ini telah membawa kehancuran dalam hidupmu. Sekali lagi maaf ya nak, Ibu hanya seorang Ibu yang ingin membahagiakan anaknya walau dipertaruhkan nyawa sekalipun.
            Nak, ketika kau membaca surat ini. Mungkin ibu sudah benar-benar tiada seperti apa kata orang-orang seisi rumahmu yang benar-benar Ibu tidak kenal, sebenarnya siapa sih mereka nak ? Keluargamu ya ? Kenapa Ibu tidak diberi kabar ?! Ohya, Ibu hampir lupa . Kamu kan malu mempunyai Ibu yang hina ini , yang bahkan untuk mengunjungi rumahmu saja harus menggadaikan rumah demi bertemu anak yang sudah lama tak Ibu jumpai. Namun hasilnya apa ? hanya perih yang Ibu rasa.
            Nak, asalkan kau tahu, sayang dan cinta Ibu padamu itu tak bisa diukur oleh ruang dan waktu meski pada kenyataannya kau tak pernah bisa menyayangi Ibu. Ibu memang benar-benar manusia hina didepan matamu nak. Tapi Ibu tetap terima segala siksaan bathin yang selalu hadir hanya demi mu , demi melindungimu dari perasaan yang Ibu rasakan kini.
            Dan kau tahu nak ? mata sebelah kanan ku yang cacat ini ?! ya, yang sangat terlihat sangat hina ini memang telah tiada demi seorang anak yang tak berdosa dapat melihat keindahan dunia. Ya, mata sebelah kanan mu adalah milik Ibu yang telah ikhlas Ibu berikan padamu agar kau tak merasakan sakitnya dihina, sakitnya dicaci, dimaki, diusir, dan dianggap telah tiada. Biar.. biar Ibu saja yang rasakan ini. Dan untukmu anak Ibu yang sangat Ibu cintai, jangan perna menyalahkan dirimu sendiri, atau bahkan Tuhan. Sebenarnya semua ini tidak ada yang salah, hanya saja ini sudah takdir Tuhan yang tidak bisa di sela.
            Dan kata terakhir,
            Janganlah kau menangisi masa lalumu, tersenyumlah demi seseorang yang hina ini.

            Terimakasih telah membaca surat yang memang tidak penting ini.
            Salam sayang anakku.
                                                           
                       
                                                                                                            Ibu                                                                                          

Jamal : ibuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu LLL

1 komentar: